Perbedaan Blog Dofollow dan Nofollow


Apa itu blog dofollow? Dan apa itu blog nofollow? Apa perbedaannya? Mungkin pertanyaan itu selalu terbersit di benak para blogger, khususnya blogger pemula yang belum mengerti tentang jenis blog dofollow dan blog nofollow. Kali ini saya akan menjelaskan keduanya secara mendasar.
perbedaan blog dofollow dan nofollow, apa itu dofollow?, apa itu nofollow? dofollow adalah, nofollow adalah blog do follow dan blog no follow  endolita.blogspot.com
Blog Dofollow

Pengertian
Blog dofollow adalah blog yang memberikan backlink ke blog lain dengan sifat "Mengikuti". Sehingga backlink tersebut nantinya akan diikuti dan ditelusuri lebih lanjut oleh robot crawler untuk lebih meningkatkan point di search engine. Biasanya sifat dari blog dofollow ini berupa anchor text pada url yang disisipkan pada kalimat ketika seseorang berkomentar di sebuah blog.

Kelebihan Blog Dofollow
  1. Blog dofollow banyak diburu oleh blogger lain untuk menanamkan backlink.
  2. Setiap artikel yang diposting akan dipenuhi dengan komentar
  3. Meningkatkan trafik, entah itu visitor ataupun pageview blog
  4. Hubungan silaturahmi yang kuat antar sesama blogger
Kekurangan Blog Dofollow
  1. Mengurangi reputasi blog di posisi SERP
  2. Banyak memunculkan komentar spam yang tidak relevan dengan isi artikel, karena komentar yang masuk cenderung tidak di moderasi
  3. Menyebabkan link keluar dan link yang masuk pada blog tidak seimbang.


Blog Nofollow

Pengertian
Blog Nofollow adalah blog yang sebenarnya juga sama memberikan backlink ke blog lain, tetapi dengan sifat baclink 'Tidak Mengikuti'. Blog nofollow tentunya adalah kebalikan dari blog dofollow itu sendiri, dimana semua link yang ada dalam blog tersebut tidak akan dirayapi oleh robot Google. Sehingga komentar yang masuk ke dalam blog tidak akan dihitung sebagai backlink spam oleh Google. Selain itu struktur di dalam blog lebih tertata apik.

Kelebihan
  1. Komentar yang masuk tidak akan dianggap sebagai spam oleh Google
  2. Pagerank dan alexa rank cenderung stabil.
  3. Link keluar dan link masuk lebih seimbang
  4. Lebih disukai Google dalam hal SEO
  5. Komentar dalam blog adalah asli dari seseorang yang berkunjung untuk menilai artikel blog.
Kekurangan
    Komentar yang masuk cenderung sedikit, dan tidak seramai blog di follow, kecuali jika artikel kita berkualitas
    Kurang lebih itulah penjelasan saya mengenai Perbedaan Blog Dofollow dan Nofollow. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu. Baca juga: Cara Merubah Blog Nofollow Menjadi Dofollow. Untuk mencari artikel lain yang serupa silahkan cek di bawah ini: