Cara Menulis Artikel Blog yang SEO Friendly

Menulis posting blog yang dioptimalkan SEO adalah keterampilan dan seperti banyak keterampilan lainnya, itu membutuhkan latihan.

Menulis konten untuk SEO bisa jadi sulit dan memakan waktu, di sini, di posting ini saya akan memandu Anda tentang cara menulis posting blog dan/atau artikel yang SEO friendly untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian pada tahun 2021.

Sebelum saya mulai izinkan saya memberi tahu Anda satu hal yang sangat penting “Konten yang ramah SEO juga harus menjadi konten yang ramah pengguna“. 

Dapat dipahami dengan cara ini bahwa jika pengguna Anda menyukai posting blog atau artikel Anda, mesin pencari juga akan melakukan hal yang sama. Jadi, saat mengoptimalkan posting blog Anda, pertama-tama pikirkan tentang pengguna Anda dan kemudian mesin pencari tetapi kebanyakan orang melakukan ini sebaliknya (kesalahan paling umum).

Cara Menulis Artikel Blog yang SEO Friendly
Menulis posting blog yang dioptimalkan SEO adalah keterampilan dan seperti banyak keterampilan lainnya, itu membutuhkan latihan. Semakin banyak Anda menulis, semakin baik Anda menulis posting blog yang SEO friendly atau jenis konten apa pun di situs Anda.

Berlawanan dengan beberapa kepercayaan umum, menulis posting blog yang ramah SEO tidaklah sulit. Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ikuti untuk memastikan bahwa semua yang Anda tulis di situs web atau blog Anda dioptimalkan untuk SEO.

Hal-hal seperti Judul SEO, Deskripsi Meta, Kata Kunci, Tag Meta, dll memainkan peran penting dalam menulis posting yang mesin pencari dapat dengan mudah merangkak dan peringkat.

Hanya menulis posting blog yang SEO friendly bukanlah segalanya, Anda perlu memastikan bahwa Anda menulis konten yang berkualitas. Di sini kualitas sangat penting ketika Anda menulis posting blog, pastikan itu epik dan lebih baik daripada apa pun yang sudah tersedia di internet. Anda dapat dengan mudah melakukan ini, cukup buka posting teratas tentang topik yang sama dan tulis sesuatu yang lebih baik dari itu.

Dengan kata sederhana, Anda seharusnya tidak mengharapkan posting blog Anda mendapat peringkat tinggi hanya karena Anda telah mengikuti semua langkah untuk mengoptimalkan posting blog Anda.

Ini adalah kombinasi dari posting berkualitas baik dan SEO (yang mencakup SEO off-page juga) yang memastikan posting Anda mendapat peringkat yang baik di halaman hasil pencarian.

Jika Anda telah mengoptimalkan semuanya tetapi jika konten Anda kurang berkualitas, Anda memiliki sedikit peluang untuk menentukan peringkat posting Anda di halaman pertama hasil pencarian.

Menulis konten yang ramah SEO meningkatkan peluang peringkat Anda, tetapi itu bukan segalanya. Faktanya, itu hanya langkah pertama menuju peringkat posting Anda.

Berikut Cara Menulis Postingan Blog yang SEO Friendly…!

Sekarang Anda sudah mendapat ide tentang apa itu posting blog yang SEO friendly. Ini menulis konten yang unik dan berkualitas yang disukai pengguna Anda dan juga mesin pencari. Tetapi agar mesin pencari memahami posting blog Anda, Anda harus melakukan beberapa upaya ekstra.

Saat Anda menulis posting blog yang SEO friendly, Anda harus benar-benar menulis dengan cara yang memandu mesin pencari untuk merayapi posting Anda dengan lebih baik dan dengan mudah memahaminya. Berikut adalah beberapa langkah (teknik) untuk menulis posting blog yang SEO friendly. Jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat menggunakan salah satu plugin SEO terbaik yang akan memandu Anda ketika Anda menulis posting di blog Anda.

Tulis Postingan Blog yang SEO Friendly

Anda juga dapat mengambil referensi dari tangkapan layar ini (diberikan di atas), ini akan memandu Anda bersama dengan posting ini tentang cara menulis posting dan/atau artikel blog yang SEO friendly. Saat membahas setiap poin, saya akan mengacu pada tangkapan layar ini yang sebenarnya diambil dari salah satu posting blog kami sebelumnya. Seperti yang Anda lihat, ini adalah posting blog yang dioptimalkan dengan baik.

1. Targetkan Kata Kunci Pada Judul SEO (& Judul Postingan)

Tambahkan kata kunci target Anda di judul SEO serta di judul posting. Judul posting adalah sesuatu yang muncul di bagian atas, ini adalah judul utama dan dikelilingi oleh "tag h1". Untuk WordPress, tema menangani judul posting tetapi Anda harus memastikan itu adalah "tag h1".

Judul posting dan judul SEO bisa sama tetapi dengan menggunakan plugin SEO , Anda sebenarnya dapat memodifikasi judul SEO dan menulis salinan yang sedikit berbeda di kedua judul.


Dalam judul SEO, pastikan kata kunci target datang, di awal judul.

Ini sangat penting ketika Anda menulis posting blog yang SEO friendly.  Ini membantu mesin pencari untuk mendapatkan ide topikal tentang posting Anda. Juga, bahkan pengguna tidak akan mengklik tautan Anda jika mereka tidak melihat istilah pencarian dalam judul SEO, yang akan memengaruhi rasio klik-tayang Anda.

2. Tambahkan Angka ke Judul SEO Anda

Tambahkan angka ke judul SEO Anda, ini juga akan membantu Anda meningkatkan rasio klik-tayang Anda dan juga meningkatkan peringkat posting Anda di hasil pencarian. Ditemukan dalam beberapa penelitian online bahwa judul SEO dengan nomor mendapat klik lebih tinggi. Rasio klik-tayang yang lebih tinggi membantu Anda meningkatkan peringkat posting Anda di halaman hasil pencarian.


10 Mitos Blogging Paling Umum, Blogging sebagai karier di tahun 2021

Periksa contoh di atas, yang pertama berbicara tentang "10" mitos blogging yang paling umum. Yang kedua berbicara tentang, Blogging sebagai karir di "2021". Sekarang Anda bisa berpikir sendiri, judul yang sama tanpa angka-angka ini tentu akan mendapatkan klik yang lebih rendah dibandingkan dengan judul-judul ini dengan angka-angka. Sebuah nomor juga menarik perhatian pengguna.

3. Tambahkan Power Words Di Judul SEO Anda

Anda juga harus mencoba menambahkan kata-kata kuat dalam judul SEO Anda untuk meningkatkan rasio klik-tayang. Memiliki kata-kata yang kuat dalam judul SEO Anda tidak hanya membantu Anda mendapatkan klik yang lebih tinggi tetapi juga meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat posting blog Anda lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Beberapa contoh kata kunci Power adalah – Terbaik, Terburu-buru, Efektif, Penting, Cepat, Terburuk, Hindari, dll. Berikut daftar Power Words , yang dapat Anda gunakan dalam judul SEO Anda agar lebih menarik dan dapat diklik.

4. Target Kata Kunci Di Dalam Deskripsi Meta SEO

Pastikan Meta Description SEO Anda berisi kata kunci target Anda. Jangan melakukan keyword stuffing di sini, cobalah untuk membingkai kalimat untuk meta description dengan kata kunci target Anda termasuk dalam paragraf. Anda dapat memasukkan variasi kata kunci yang berbeda (misalnya, tunggal dan jamak) tetapi Anda harus melakukannya dengan cerdas. Seharusnya tidak terlihat seperti kata kunci yang hanya dilemparkan ke dalam untuk mendapatkan peringkat, itu harus terlihat sangat alami.

5. Target Kata Kunci Di URL

URL posting Anda juga harus berisi kata kunci target Anda. Juga, URL harus pendek, tidak boleh lebih dari 4-5 kata.

Jika Anda melihat hasil pencarian Google, Anda akan melihat bahwa Google menampilkan tiga hal dalam hasil pencarian, Judul SEO, Deskripsi Meta, dan URL posting. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa ketiga bidang ini sepenuhnya dioptimalkan dengan memiliki kata kunci di bidang ini. Selain itu, ada batasan karakter, jadi Anda harus memastikan bahwa Anda memanfaatkan sepenuhnya ruang yang tersedia; jika Anda melebihi batas, itu tidak akan membantu.

6. Target Kata Kunci Di Paragraf Pertama

Kata kunci target Anda harus ada di 10% pertama konten Anda dan sebaiknya di paragraf pertama itu sendiri. Ini membantu mesin pencari untuk memahami konten Anda dan kata kunci yang Anda targetkan. Juga, membantu pengguna untuk mendapatkan ide tentang posting Anda.

Setiap kali saya menulis posting blog, saya selalu mencoba memasukkan kata kunci di paragraf pertama itu sendiri. Beberapa paragraf pertama sangat penting ketika Anda menulis posting blog yang SEO friendly. Lebih fokus untuk membuat beberapa paragraf pertama lebih menarik. Beberapa paragraf pertama hanya akan menentukan berapa lama pengguna akan membaca posting Anda.

7. Tulis Konten Mendalam

Meskipun tidak ada aturan keras dan cepat dalam hal panjang konten, telah terlihat di beberapa penelitian online (dan Anda juga dapat melihat sendiri) bahwa posting yang memiliki konten panjang berfungsi dengan baik di hasil pencarian. Tapi, berapa lama postingnya?

Kualitas paling penting dan bukan kuantitas. Namun, panjang konten minimum tetap harus dipenuhi. Saya selalu lebih suka menulis 1000+ kata dari posting blog.

Di sini, saya akan menyarankan Anda, untuk menulis konten yang mendalam ketika Anda menulis posting blog yang SEO friendly. Mencakup segala sesuatu yang berhubungan dengan topik itu. Periksa 5 posting teratas yang berperingkat baik untuk kata kunci itu dan ambil jumlah rata-rata kata dari semua 5 posting tersebut. Kemudian, ketika Anda menulis posting Anda, cobalah untuk melebihi jumlah kata dan menutupi hal-hal tambahan yang tidak tercakup dalam posting tersebut. Jadikan posting Anda lebih baik dari semua posting itu.

8. Kepadatan Kata Kunci yang Optimal

Tambahkan kata kunci target Anda di berbagai bagian posting blog Anda. Tapi, pastikan terlihat natural dan mengikuti alur kalimat dan paragraf.

Jangan melakukan isian kata kunci, itu tidak akan membantu Anda sama sekali, Anda mungkin akan dihukum karena melakukan hal ini. Anda dapat menggunakan variasi kata kunci yang berbeda, misalnya – kata tunggal dan jamak, sinonim, kata kunci LSI, kata kunci ekor panjang, dll. Kepadatan kata kunci yang ideal harus antara 0,5-1% jadi jangan di bawah 0,5% dan bahkan jangan mencoba melebihi kepadatan kata kunci 1%. Di sini, penggunaan kata kunci target yang dioptimalkan sangat penting.

9. Gunakan Kata Kunci Target Di Sub-Judul

Saat Anda menulis posting blog yang SEO friendly, pastikan Anda menambahkan kata kunci target di sub-judul posting blog Anda. Aturan yang sama juga berlaku di sini, jangan terlalu sering menggunakan kata kunci di sub-judul Anda atau jangan melakukan isian kata kunci.

Anda harus menambahkan kata kunci target Anda di sub-judul tetapi tidak boleh ditambahkan ke semua sub-judul posting blog Anda. Aturan umum adalah bahwa kata kunci target Anda tidak boleh ada di lebih dari 50% sub-judul Anda. Misalnya, jika Anda memiliki 5 sub-judul dalam posting Anda, Anda dapat menambahkan kata kunci target Anda ke 1 atau 2 sub-judul.

10. Tambahkan Banyak Gambar atau Video

Konten multi-media seperti gambar dan video memainkan peran yang sangat penting ketika Anda menulis posting blog yang SEO friendly. Tambahkan banyak gambar, tangkapan layar di posting blog Anda dan tambahkan video yang sesuai (Anda juga dapat menyematkan video langsung dari YouTube).

Terlihat bahwa postingan yang memiliki banyak grafik dan video, umumnya memiliki bounce rate yang lebih rendah. Konten multi-media ini membantu Anda melibatkan pengunjung blog Anda untuk jangka waktu yang lebih lama, yang pada akhirnya menurunkan rasio pentalan Anda. Rasio pentalan juga merupakan faktor peringkat Google yang penting.

11. Gunakan Kata Kunci Target Dalam Atribut ALT Gambar

Atribut ALT membantu mesin pencari memahami gambar yang digunakan di situs web atau blog Anda. Saat Anda menulis posting blog yang SEO friendly, pastikan Anda menambahkan kata kunci target sebagai “ALT Tag” di beberapa gambar yang digunakan dalam posting Anda.

Aturan praktis yang sama juga berlaku di sini, jangan melakukan isian kata kunci dan jangan menambahkan kata kunci target yang sama ke semua gambar di posting Anda. Anda dapat menggunakan variasi kata kunci yang berbeda untuk gambar yang berbeda tetapi itu harus benar-benar memberi tahu tentang gambar dan bukan tentang posting Anda. Anda harus menambahkan atribut Alt dengan cerdas ke gambar, gambar pengisi tidak boleh mengandung kata kunci target sama sekali.

12. Tautkan Ke Sumber Daya Eksternal

Salah satu faktor yang sangat penting, ketika Anda menulis posting blog yang SEO friendly adalah Anda juga harus menautkan ke sumber eksternal terkait. Jangan takut mengizinkan "dofollow" ke tautan eksternal (sumber daya) yang Anda tambahkan di posting blog Anda.

Saat menambahkan tautan ke sumber eksternal, pastikan Anda menautkan ke topik atau posting terkait dan selalu menautkan ke posting blog yang memiliki otoritas domain yang baik. Poin penting yang perlu diperhatikan di sini adalah “ jangan gunakan kata kunci target Anda sebagai teks jangkar saat menautkan ke sumber daya eksternal ”. Juga, pastikan Anda tidak menautkan ke pesaing Anda.

Bagaimana ini membantu dalam SEO? Ketika mesin pencari merayapi posting blog Anda dan menemukan bahwa Anda menautkan ke sumber lain yang melengkapi posting blog Anda, mereka memberi bobot lebih pada posting blog Anda dan posting Anda mendapat peringkat yang lebih tinggi.

13. Jangan Lupa Inter-Link

Ketika Anda menautkan teks atau frasa ke beberapa posting lain yang sudah dipublikasikan di blog Anda, itu disebut tautan internal. Kapan pun dan di mana pun Anda mendapat kesempatan untuk menautkan pos internal Anda, lakukan saja. Anda dapat menambahkan link internal sebanyak yang Anda inginkan.

Teks jangkar yang Anda gunakan untuk menghubungkan pos lain harus terkait dengan pos itu dan harus jelas bagi pengguna Anda, apa yang dapat mereka harapkan jika mereka mengeklik tautan itu. Saat memulai, Anda mungkin tidak memiliki begitu banyak posting untuk ditautkan tetapi nanti Anda dapat kembali ke semua posting yang Anda terbitkan sebelumnya dan menautkannya ke beberapa posting terkait.

Ini membantu mesin pencari untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang topik Anda. Dan juga, membantu pengguna Anda untuk membaca posting Anda yang diterbitkan sebelumnya. Akhirnya, ini membantu Anda menurunkan rasio pentalan dan membantu Anda meningkatkan peringkat mesin telusur.

14. Gunakan "Daftar Isi" Untuk Memecah Teks Anda

Saat menulis posting panjang, sangat penting bagi Anda untuk memecah teks Anda menggunakan "daftar isi" di bagian atas posting blog Anda.

Ini sangat mirip dengan "daftar isi" di buku teks, ini membantu pengguna Anda untuk dengan mudah menavigasi melalui bagian yang berbeda dari posting Anda. Selain itu, terkadang Google menampilkan bagian yang relevan dari postingan Anda terhadap kueri penelusuran tertentu sehingga Google juga membantu memahami struktur postingan Anda.

Google menyertakan tautan "Langsung Ke" di SERP  ketika mendeteksi daftar isi di pos Anda dan ketika diklik tautan yang diperlukan ke bagian tertentu dari pos Anda. Anda dapat dengan mudah menambahkan daftar isi menggunakan salah satu Plugin Daftar Isi WordPress .

15. Tulis Paragraf Pendek & Gunakan Kata-Kata Sederhana

Keterbacaan memainkan peran yang sangat penting ketika Anda menulis posting blog yang SEO friendly. Ingat, kami baru saja membahas di awal hanya bahwa jika pengguna Anda menyukai posting Anda, mesin pencari pasti akan melakukan hal yang sama. Dengan demikian Anda perlu membuat posting Anda lebih ramah pengguna sehingga siapa pun dapat dengan mudah memahami posting blog Anda.

Ketika Anda menulis posting blog yang SEO friendly dan ingin membuatnya ramah pengguna, Anda perlu menulis dalam paragraf pendek, Anda perlu menggunakan kalimat pendek dan juga Anda perlu menggunakan kata-kata sederhana.

Ini membantu Anda dalam dua cara, pengguna membaca semua konten posting Anda karena lebih mudah dibaca dan dengan demikian mereka menghabiskan lebih banyak waktu di blog Anda, yang pada akhirnya akan mengurangi rasio pentalan di blog Anda dan meningkatkan peringkat posting dan pencarian Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Sekarang kita telah sampai di akhir posting ini, saya yakin Anda pasti sudah mendapatkan ide tentang cara menulis posting dan/atau artikel blog yang SEO friendly. Ini semua tergantung pada latihannya, semakin banyak Anda berlatih, semakin baik Anda dalam menulis posting dan artikel blog yang SEO friendly. Anda perlu menerapkan langkah-langkah ini ketika Anda menulis posting Anda dan terus melakukan ini.

Takeaways utama dari sini adalah – tulis konten yang unik dan berkualitas, optimalkan untuk pengguna Anda dan optimalkan untuk mesin pencari. Semoga panduan ini membantu Anda menulis posting dan artikel yang dioptimalkan SEO di blog Anda. Beri tahu saya pendapat Anda di bagian komentar di bawah. Semua yang terbaik, terus menulis dan terus berlatih.